Pesan Menag Untuk Siswa Madrasah Yang Mengikuti UAMBN


Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin




Jakarta (Pinmas) —- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat kepada siswa Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Tanah Air yang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Menag berharap para siswa mampu mengikuti ujian dengan baik dan terus giat belajar.

“Selamat kepada segenap siswa madrasah di seluruh Tanah Air yang sedang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Bertaraf Nasional. Semoga mampu mengatasi ujian dengan baik,” demikian disampaikan Menag melalui pesan singkat, Senin (14/03).
Menag yang saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi terkait persiapan pelaksanaan ibadah haji 1437H/2016M mengatakan,  ujian merupakan momentum untuk lebih mengenali kemampuan diri. Karenanya, kejujuran dalam menjalani ujian harus dikedepankan. Menurut Menag, sudah semestinya moment ujian dihadapi dengan  semangat untuk lebih giat belajar. “Kita juga menjadi banyak belajar justru setelah banyak menghadapi ujian,” kata Menag.
Sebanyak 410.531 siswa Madrasah Aliyah akan mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandard Nasional (UAMBN) mulai Senin (14/03) besok. UAMBN ini akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan Rabu (16/03) mendatang.
Adapun mata pelajaran yang diujikan ada lima yang merupakan pelajaran ciri khas madrasah, yaitu: Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab. Khusus untuk siswa MA dengan peminatan keagamaan, ujiannya  akan difokuskan pada pelajaran Ilmu Kalam, Akhlak Tasawwuf, SKI, dan Bahasa Arab.
Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa UAMBN bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang Madrasah Aliyah. “UAMBN diharapkan berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah, umpan balik perbaikan program pembelajaran, dan alat pengendali mutu pendidikan,” terang M. Nur Kholis.
Menurutnya, tema UAMBN tahun ini adalah ‘Mewujudkan Siswa Madrasah yang Jujur, Berprestasi, dan Bermanfaat’. Untuk itu, pelaksanaan UAMBN tahun ini lebih menekankan pada aspek integritas dan kejujuran. Guru besar UIN Sunan Kalijaga ini berharap siswa madrasah berada pada garda terdepan dalam keteladanan sikap dan itu tercermin dalam teknis proses ujian.
“Saya atas nama Direktorat Pendidikan Madrasah mengucapkan selamat menempuh UAMBN tahun pelajaran 2015/2016 utk seluruh siswa Madrasah Aliyah se-Indonesia. Sesuai tema yang diusung, jadilah generasi muda yang jujur, sarat dengan torehan prestasi yang menjadikan kalian sebagai generasi muslim Indonesia yang bermartabat,” pesannya.
Berbeda dengan MA, UAMBN Madrasah Tsanawiyah (MTs) baru akan digelar pada 11 – 13 April mendatang. Sampai saat ini, tercatat lebih dari 1 juta siswa MTs akan mengikuti UAMBN pada tahun ajaran 2015/2016 ini.
Selamat menempuh UAMBN! (mkd/mkd)
sumber: http://madrasah.kemenag.go.id/







Labels:

Post a Comment

[facebook][blogger]

Admin

Assalamualaikum wr. wb Selamat datang DI Website Remi Madrasah Aliyah Nurul Huda Pringsewu. Untuk Informasi lebih Lanjut Bisa menghubungi kami melalui kontak yang tersedia

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.